4 Khasiat Bemban Untuk Dunia Pengobatan

Khasiat Bemban memang sudah banyak digunakan sejak zaman nenek moyang kita. Bahan yang digunakan ialah pada bagian ubi atau pokok. daun, bunga dan batangnya. Serta menjadi bahan sandang seperti anyaman dan dimanfaatkan untuk bahan herbal pada dunia pengobatan. Umumnya sih daun bemban bermanfaat untuk mengatasi bengkak dan mengobati luka akibat sengatan hewan seperti kalajengking dan ular. Namun tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahasnya secara lengkap dan detail.

Bemban (Nama Latin : Donax canniformis) sering juga disebut dengan bamban. Tanaman berbentuk terna ini mempunyai banyak sekali nama lokal yang berbeda pada setiap wilayahnya. Tergantung dari habitat hidup serta lingkungan dari berbagai adat. Salah satunya bemban dikenal dengan bomban/ banban (batak), bangban (sunda), burung/borong (Sulawesi Selatan), Wuwu (Jawa), Kelangisan (Bali), biawa/biara (Halmahera), moa (Manado, Ternate, dan Ambon), mundung/wuwudu (Gorontalo) dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tidak diketahui asalnya secara pasti, bangban bisa mudah ditemukan diwilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia. Dan hidup secara liar dengan habitat hidup yang lembab. Sedangkan ciri-ciri bisa sobat lihat pada cuplikan gambar diatas.

Nah kembali pada topik bahasan, Manfaat Bemban pastinya tidak luput dari kandungan senyawa alami didalamnya. Kandungan tersebut berupa Flavonoid, Polifenol dan Saponin. Dari ketiga zat inilah diperoleh khasiat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan jenis penyakit dibawah ini!

4 Khasiat Bemban Untuk Dunia Pengobatan :
  1. Menyembuhkan bisul. Proses ini didapat karena bemban membantu dalam mempercepat penuaan atau pematangan bisul.
  2. Obat herbal tetes mata. Manfaat ini berguna untuk mengobati iritasi, mata merah dan gejala penyakit mata lainnya.
  3. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan / pembengkakan.
  4. Obat Luka Gigitan Hewan seperti ular dan kalajengking. Khasiat ini terkait dengan pembengkakan yang disebabkan oleh racun atau bisa hewan yang dimaksud.
Bagaimana Cara menggunakan daun bemban untuk obat?
  1. Obat Tetes mata : Siapkan daun bemban kemudian diremas-remas hingga mengeluarkan air. Kemudian gunakan air tersebut sebagai tetes mata.
  2. Untuk Bengkak : Haluskan daun bemban secukupnya kemudian tapalkan pada area kulit yang bengkak.
  3. Obat Bisul : Siapkan daun kemudian hangatkan dengan menggunakan lilin. Selanjutnya tempelkan pada bisul. Cara lain juga bisa mengikuti langkah 2.
  4. Obat Gigitan Ular : Patahkan batang bemban hingga keluar air. Usapkan pada luka akibat gigitan hewan yang dimaksud.
Demikianlah artikel singkat mengenai 4 Khasiat Bemban Untuk Dunia Pengobatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *