22 Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan

Khasiat Tapak Dara memang dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi kanker, leukimia, hipertensi dan diabetes. Namun apa semua keterangan tersebut benar? Maka dari itu, dibawah ini kami sudah merangkum sedikit bahasan yang tentunya masih terkait dengan manfaat daun tapak dara bagi kesehatan. Sehingga paling tidak bisa memberi sedikit referensi mengenai tanaman obat yang bisa kita dapat pada lingkungan sekitar.

Tapa dara (Nama latin : Catharanthus roseus) adalah sejenis tanaman hias berbunga yang juga mempunyai kemampuan sebagai obat herbal. Diberbagai daerah, tumbuhan ini mempunyai panggilan lokal seperti kemunting cina, sindapor, tapak doro, paku rane, tapak lima dan kembang tembaga. Tapak dara diduga berasal dari Madagaskar dengan ciri pohon berbentuk perdu kecil, daun hijau tua bulat telur berseling dan tersusu menyirip. Berkelopak bunga kecil, mahkotanya berbentuk terompet dan dari berbagai jenisnya bunga bisa berwarna merah muda, kuning, dan putih. Kembang dara juga berbiji banyak sehingga sangat mudah untuk membudidayakan atau memperbanyak tanaman ini.
22 Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan
Yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja khasiat dari tapak dara? Jawabannya sangatlah sederhana sekali. Ada manfaat pasti ada juga kandungan senyawa kimia didalamnya. Dan zat tersebut berupa Vincristine, Vinblastine, reserpine, ajmalicine, Serpentine, Catharanthine, leurosine, norharman, Lochnerine, tetrahydroalstonine, Vindoline, vindolinine, akuammine, vincamine, vinleurosin, dan vinrosidin. Nah oleh karena banyaknya kandungan tersebut, maka diperoleh beberapa fungsi yang sangat terkait dengan kesehatan tubuh kita. Penasaran? Yuk simak ringkasan berikut!

22 Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan :
  1. Mempercepat penyembuhan luka (utamanya luka bakar).
  2. Mengontrol tekanan darah sehingga sangat baik untuk pencegahan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  3. Mengontrol kadar gula darah yang juga berfungsi untuk pencegahan dan terapi diabetes mellitus (kencing manis).
  4. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam (panas/suhu tubuh yang tinggi).
  5. Bersifat diuretik yang berguna untuk melancarkan saluran kemih.
  6. Bersifat anti-kanker yang berkemampuan untuk mencegah dan mengatasi sel kanker dan tumor dalam tubuh. Contoh : kanker rahim, kanker payudara, leukimia, dan kanker saluran pencernaan (usus).
  7. Melancarkan peredaran darah atau sirkulasi darah dalam tubuh.
  8. Bersifat menenangkan yang berpengaruh untuk pencegahan stres dan mengurangi pikiran berat.
  9. Bersifat anti-racun yang berguna untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  10. Menghancurkan batu ginjal atau kencing batu.
  11. Melancarkan haid yang tidak teratur.
  12. Mengobati peradangan pada hati (hepatitis).
  13. Obat herbal untuk malaria.
  14. Melancarkan sistem pernafasan, terkait dengan pencegahan asma atau sesak nafas.
  15. Menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan.
  16. Obat alami untuk menyembuhkan gondongan (gondok).
  17. Mengatasi kurang darah (anemia).
  18. Mempercepat penuaan atau pematangan bisul.
  19. Meringankan gejala sariawan seperti bibir pecah-pecah luka dalam mulut.
  20. Menyembuhkan muntaber (muntah berak).
  21. Terapi penyembuhan disentri.
  22. Melancarkan sistem pencernaan seperti sembelit (susah BAB).
Bagaimana resep dan cara menggunakan tapak dara sebagai obat ?
  • Hipertensi : Siapkan 20gr daun tapak dara dan 15gr daun krisan. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengah. Minum secara rutin 1x sehari.
  • Kencing Manis (diabetes mellitus) : Sediakan sekitar 15 lembar daun tapak dara. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian minum air tersebut selagi hangat.
  • Demam : Siapkan sekitar 1 genggam daun dan akar tapak dara. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuh. Saring kemudian minum.
  • Leukimia : 30gr tapak dara, 10gr adas, 10 butir angco, dan 10gr kie cie. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa setengah kemudian saring dan minum 2x sehari.
  • Kurang darah (Anemia) : Sediakan 4 kuntum bunga tapak dara putih, 5 butir angco, dan 15gr bayam merah. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum selagi hangat.
  • Batu Ginjal : Siapkan 30gr daun tapak dara, 30gr keji beling, dan 15gr daun tempuyung. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuh kemudian minum.
  • Luka dan bisul : Haluskan daun kemudian tapalkan pada area luka atau bisul.
Demikianlah artikel singkat mengenai 22 Khasiat Tapak Dara Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *