18 Khasiat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan

Khasiat Bunga Tasbih ampuh untuk menurunkan demam, disentri, hipertensi, keputihan dan masih banyak lagi jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan. Oleh karena beberapa manfaat bunga tasbih yang sudah kami sebutkan diatas, maka untuk mengetahui lebih detail, disini kami akan mencoba merangkum kerangan singkat yang tentunya masih terkait dengan kegunaan serta fungsi bunga tasbih untuk kesehatan. Penasaran? Yuk lanjut saja membacanya!

Bunga Tasbih (Nama Latin : Canna Indica) adalah salah satu tanaman hias yang juga hidup secara liar dan bisa ditemukan dengan mudah pada lingkungan sekitar. Habitat hidupnya antara 1000m dari permukaan laut. Beberapa nama lokal dari kembang ini diantaranya Ganyong hutan, Hosbe, kembheng Tasbhi, tasupe, dan bunga milu-milu. Cirinya bisa diketahui dengan melihat bentuk bunga yang lumayan besar berwarna kuning. Mempunyai batang tinggi tegak mencapai 2m, daunnya lebar menyirip berwarna hijau, namun ada juga yang berwarna merah tengguli. Pada jenis lain, bunga tasbih ini mempunyai warna bunga kuning, merah muda, dan merah. Ciri lebih detail mungkin bisa melihat gambar dibawah ini!
18 Khasiat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan
Bunga tasbih ini memang sudah sejak lama digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal yang memang kaya akan manfaat. Hal tersebut tentunya didukung dengan adanya kandungan senyawa alami pada tanaman ini. Zat tersebut berupa lemak, pati, glukosa, alkaloid, terpene, coumarine dan phenol.

18 Khasiat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan :
  1. Bersifat antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam.
  2. Bersifat diuretik yang berguna untuk melancarkan saluran kemih.
  3. Bersifat Anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan.
  4. Mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi).
  5. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh.
  6. Mempunyai sifat menyejukkan sehingga baik untuk mengatasi panas dalam.
  7. Memberi efek tenang sehingga bagus untuk mencegah stres dan menghilangkan pikiran berat.
  8. Mengobati penyakit kuning (Hepatitis).
  9. Obat herbal untuk batuk yang disertai darah.
  10. Menyembuhkan disentri (feses berdarah dan bernanah).
  11. Menghentikan pendarahan pada luka.
  12. Mengurangi darah berlebih pada saat menstruasi.
  13. Menghilangkan jerawat pada wajah.
  14. Mengatasi keputihan bagi kaum hawa.
  15. Mengurangi gejala vertigo.
  16. Menghancurkan batu ginjal, sangat baik untuk pengobatan kencing batu.
  17. Mengurangi nyeri pada saat keseleo atau terkilir.
  18. Mengobati wasir atau ambeien.
Bagaimana resep dan cara menggunakan bunga tasbih untuk obat?
Umumnya bunga tasbih diambil umbi atau rimpangnya. Penggunaan luar bisa dengan menapalkan ubi yang sudah dihaluskan. Sedangkan untuk konsumsi bisa menyeduh bubuk umbi yang sudah dikeringkan. Lebih detailnya silahkan cek resep sederhana dibawah ini!
  • Wasir dan Disentri : Sediakan sekitar 50gr akar kembang tasbih kemudian ditumbuk kasar. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuh. Saring dan bisa diminum 2x sehari.
  • Hepatitis : Siapkan 50gr umbi bunga tasbih dan 30gr daun serut. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. saring dan minum air tersebut 2x sehari.
  • Menghentikan pendarahan : Persiapkan 15gr bunga tasbih kering dan 50gr akar teratai. rebus dengan 2 gelas air hingga berubah warna dan tersisa separuhnya. Saring dan minum selagi hangat.
  • Keputihan : Siapkan 25gr rimpang bunga tasbih dan 25gr kulit buah delima kering. Tumbuk kasar dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Selanjutnya saring dan bisa dikonsumsi 2x sehari.
Demikianlah artikel singkat mengenai 18 Khasiat Bunga Tasbih Untuk Pengobatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *