17 Khasiat Srigading Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Srigading memang sangat banyak sekali bagi tubuh kita. Manfaat tersebut bisa didapat dari keseluruhan anggota tanaman seperti : Akar, daun, Bunga dan bijinya. Jika dilihat sepintas, srigadung berguna untuk mengobati cacingan, anti-virus, dan mencegah penakit kulit utamanya yang disebabkan oleh jamur. Namun untuk mengetahui lebih detail dan terperinci, kali ini kami akan mencoba untuk membahas secara ringkas apa itu tanaman srigading dan Manfaat Serta Khasiat Bagi Kesehatan.

Srigading (Nama Latin : Nyctanthes arbor-tristis) adalah salah satu jenis tanaman hias yang juga berkhasiat sebagai obat. Srigading diduga berasal dari Asia Selatan yang kemudian menyebar luas hingga berbagai penjuru dunia yang salah satunya Indonesia. Bunga Srigading banyak ditanam karena aroma yang ditumbulkan sangatlah harum dan juga unik sebab hanya mekar jika malam menjelang. Tepatnya pada sore hari ketika matahari mulai terbenam.
17 Khasiat Srigading Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tanaman Srigading tergolong dalam kerajaan plantae dengan ciri pohon berbentuk semak kecil dan berbatang lunak namun kulitnya kasar. Daunnya tunggal berseling berbentuk bulat telur agak lonjong. Bunganya mempuyai mahkota sebanyak 5 hingga 8 dengan warna putih pada bagian kelopak dan berwarna jingga pada bagian tengah bunga. Sedangkan untuk buah berbentuk pipih menyerupai hati yang masing-masing bersisi satu biji. Untuk ciri sepintas mungkin cuplikan gambar diatas bisa membantu!

Manfaat srigading menurut bagian tanaman :
  • Bunga : Bersifat sebagai anti-biotik, Anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-mikroba. Karena pada bunga ini terkandung beberapa senyawa yang diantaranya : Essensial Oil, nyctanthin, D-mannitol, tannins, glucose,carotenoids, glycosides ( β-monogentiobioside ester of α-crocetin ( crocin-3), β-monogentiobioside-β-D monoglucoside ester of α-crocetin, dan β-digentiobioside ester of α-crocetin).
  • Daun : Bersifat Anti-bakteri, anti-fungi, anti-inflamasi, antipiretik, dan anti-oksidan. Pada daun didapat kandungan berupa : D-mannitol, β-sitosterol, flavanol glycosides, astragalin, nicotiflorin, oleanolic acid, nyctanthic acid, tannic acid, ascorbic acid, methyl salicylate, an amorphous glycoside, an amorphous resin, trace of volatile oil, carotene, friedeline, lupeol,mannitol, glucose, fructose, iridoid glycosides, dan benzoic acid.
  • Biji : Bersifat sebagai anti-bakteri, Menguatkan sistem imun, Anti-fungsi. Dan kandungan pada biji srigading ialah : Arbortristosides A and B; glycerides of linoleic, oleic, lignoceric,stearic, palmitic and myristic acids; nyctanthic acid; 3,4-secotriterpene acid; and a water soluble polysaccharide composed of D-glucose dan D-mannose.
Nah jika melihat beberapa rangkuman manfaat diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa betapa banyaknya kegunaan bunga srigading ini untuk pengobatan herbal. Maka rincian singkatnya mengenai 17 Khasiat Srigading Untuk Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan pada organ tubuh.
  2. Bersifat sebagai antipiretik yang berfungsi untuk menurunkan demam atau panas.
  3. Bersifat sebagai anti-fungi, anti-bakteri, dan anti-mikroba yang ampuh untuk mencegah kuman atau virus berkembang dalam tubuh. Erat kaitannya untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
  4. Sebagai anti-oksidan yang menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan mampu mengembalikan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  5. Mengeluarkan cacing dalam tubuh, sangat baik untuk mengobati cacingan yang umumnya terjadi pada anak-anak.
  6. Bersifat sebagai anti-jamur yang berkemampuan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur seperti panu, kadas, kurap dan lain-lainnya.
  7. Menjaga serta melindungi organ hati dari kerusakan.
  8. Melancarkan haid yang tidak teratur.
  9. Obat perawatan bagi ibu sehabis melahirkan.
  10. Bersifat sebagai diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih.
  11. Mengatasi masalah dengan penyakit bronkitis.
  12. Melancarkan saluran pencernaan utamanya untuk pencegahan sembelit.
  13. Menyembuhkan radang pada saluran pernafasan.
  14. Obat herbal untuk meringankan gejala batuk.
  15. Mengobati penyakit rematik dan nyeri pada persendian.
  16. Menjaga kesehatan kulit kepala dan menghilangkan ketombe.
  17. Menyembuhkan penyakit kusta.
Bunga srigading juga bermanfaat untuk pengharum ruangan alami yang didapat dari aroma bunga. Maka dari itu tidak heran jika bunga ini sering ditemukan juga pada taman makam sekaligus mengharumkan lingkungan dari aroma yang tidak sedap. Selain itu bunga ini merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pengobatan tradisional India yang dikenal dengan sebutan Ayurweda.

Demikianlah artikel singkat mengenai 17 Khasiat Srigading Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel