17 Khasiat Daun Bambu Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Bambu Untuk Asam Urat, Melancarkan Haid, Obat Cacingan, dan menyembuhkan luka memang sudah dipercaya sejak dulu dan sudah banyak yang membuktikan. Tapi apa semua pernyataan tersebut benar? Masih ada sedikit tanda tanya dalam hati kita sehingga tidak afdol jika kita hanya mengambil ringkasan tanpa harus mengetahui kebenaran akan hal yang sudah dimaksud. Jadi untuk membenarkan manfaat daun bambu tersebut, maka berikut ini kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang mungkin saja bisa memberi sedikit pencerahan akan kegunaan daun bambu untuk dunia pengobatan herbal.
17 Khasiat Daun Bambu Untuk Kesehatan
Bambu adalah sejenis rumput-rumput yang memiliki rongga dan ruas pada batangnya. Kalangan masyarakat menggunakan batang bambu ini untuk berbagai perabot rumah tangga seperti wadah nasi, keranjang, kurungan ayam dan bahkan bisa dijadikan salah satu alat musik dengan nada yang sangat unik. Di Indonesia, bambu sangat umum ditemukan pada pinggiran sungai dan terbagi dalam berbagai jenis seperti bambu kuning dan bambu berduri. Sedangkan pada rebung (bambu muda) bisa dimasak dan dijadikan alternatif bahan konsumsi sebagai sayur yang juga tidak kalah lezat dengan sayur jenis lainnya. Namun yang menjadi pokok bahasan disini ialah : Apa saja kandungan senyawa pada daun bambu? Dan Apa saja manfaat serta khasiat daun bambu untuk kesehatan?

Untuk jawaban pertanyaan pertama yaitu mengenai kandungan, senyawa kimia alami pada daun bambu berupa : Asam amino, Flavonoid, Klorofil, Polisakarida, dan beberapa Vitamin. Zat inilah yang mendukung adanya fungsi obat pada daun bambu.

17 Khasiat Daun Bambu Untuk Kesehatan :
  1. Menurunkan kadar lemak atau kolesterol darah.
  2. Meringankan gejala asam urat.
  3. Mempercepat penyembuhan luka atau borok.
  4. Menunda penuaan dini seperti pengeriputan dan kulit kering.
  5. Kaya akan antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas.
  6. Mengembalikan tenaga atau stamina tubuh.
  7. Bersifat diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih.
  8. Mengeluarkan angin dalam tubuh sehingga terhindar dari masuk angin dan perut kembung.
  9. Menjaga kesehatan organ limpa.
  10. Meningkatkan kinerja organ hati.
  11. Menjaga kesehatan jantung dan mengatasi gejala stroke.
  12. Memperbaiki fungsi trombosit (sel darah).
  13. Mengobati asma atau sesak nafas.
  14. Obat herbal untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan.
  15. Mencegah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan.
  16. Melencarkan haid/menstruasi yang tidak teratur.
  17. Mengeluarkan cacing dalam tubuh (obat cacingan herbal).
Bagaimana resep dan cara menggunakan daun bambu untuk obat?
  • Menyembuhkan luka : Ambil daun bambu secukupnya, haluskan dengan cara ditumbuk kemudian tapalkan pada luka yang sebelumnya sudah dibersihkan. Atau juga dengan merebus daun bambu kemudian gunakan air tersebut untuk mencuci atau membasuh luka.
  • Cacingan : Sediakan daun bambu muda secukupnya kemudian diremas dan seduh dengan air mendidih. Minum 2x sehari secara rutin hingga benar-benar sembuh.
  • Melancarkan Haid : Siapkan daun bambu muda secukupnya. Tumbuk kasar kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum 2x sehari (1 cangkir perkonsumsi).
  • Asam Urat : Jemur daun muda hingga menjadi layu dan agak kering. Tumbuk dan rebus dengan air secukupnya. Konsumsi rutin 2x sehari dengan porsi 1 cangkir untuk sekali minum.
Demikianlah artikel singkat mengenai 17 Khasiat Daun Bambu Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *