13 Khasiat Daun Waru Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Daun Waru dipercaya cukup ampuh untuk rambut, ibu hamil, batuk, dan wasir. Namun rasanya tidak lengkap jika kita tidak mengetahui secara detail apa saja kandungan kimia serta manfaat daun waru bagi kesehatan. Maka dari itu, kali ini kami akan mencoba merangkum sedikit keterangan yang membahas seputar daun waru yang bisa kita jadikan alternatif pengobatan herbal dengan sejuta kegunaan serta fungsi untuk tubuh kita.
Waru (Nama Latin : Hibiscus tiliaceus) sering juga dikenal dengan tanaman beruh. Dalam klasifikasinya, waru tergolong dalam kerajaan plantae dan banyak ditemukan pada dareah yang cukup air seperti pingir sungai, pinggir pantai dan daerah lain dengan ciri habitat yang sudah kami sebutkan diatas. Waru mudah didapat di daratan Asia hingga Australia, sehingga sudah tidak asing dan mungkin anda sudah tahu seperti pohon waru tersebut. Waru masih satu keluarga dengan bunga sepatu, tapi ada sedikit perbedaan pada ukuran pohon yang lebih tinggi dengan daun yang sangat lebat dan lebih lebar. Warna bunga waru bisa berubah dan hal ini bisa dijadikan penentu waktu dan sering juga disebut dengan jam alam. Bunga waru bermahkota warna kuning ketika mekar dipagi hari, berubah menjadi jingga di siang hari dan berganti merah pada sore hari. Memang sangat unik dan bahkan bisa juga dijadikan tanaman hias yang dikerdilkan (bonsai).

Nah, jika kita membahas mengenai manfaat, tidak sah jika kita tidak mengetahui juga kandungan senyawa didalamnya. Zat tersebut berupa Saponin, Flavonoid dan polifenol pada daun. Sedangkan pada akar terdapat pula senyawa flavonoid, saponin dan tanin.

13 Khasiat Daun Waru Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :
  1. Menyembuhkan batuk dan membantu dalam mengeluarkan dahak.
  2. Menyembuhkan wasir atau ambeien pada anak.
  3. Bersifat sebagai anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas.
  4. Mempercepat penuaan atau pematangan bisul.
  5. Mengembalikan kelebatan rambut karena baik untuk menyuburkan rambut.
  6. Meringakan sesak nafas atau asma serta gejala lain yang disebabkan.
  7. Menyembuhkan berak lendir dan berdarah pada anak.
  8. Mengatasi radang amandel (tonsilitis).
  9. Melancarkan haid yang tidak teratur.
  10. Mengatasi peradangan pada mata.
  11. Meringankan dan mengobati muntah darah.
  12. Obat herbal untuk radang usus.
  13. Menyembuhkan TB paru.
Dari kesemua penyakit diatas, penggunaan daun waru sebagai obat hampir sama persis. Cukup ambil beberapa daun waru beserta bunga secukupnya. Tumbuk kasar kemudian dengan air hingga mendidih. Diamkan hingga hangat kemudian disaring sebelum diminum. Adakalanya juga membutuhkan tambahan madu atau kuning telur. Tapi bahan pendukung tersebut tidak apa-apan meski tidak ada.

Demikianlah artikel singkat mengenai 13 Khasiat Daun Waru Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *