11 Khasiat Akar Kelembak Untuk Kesehatan

Khasiat Akar Kelembak memang dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi sembelit. Hal ini karena kandungan dalam akar ini bersifat laksatif yang merupakan pencahar alami agar BAB menjadi lebih lancar. Selain itu, kegunaan akar klembak juga berfungsi untuk obat luka, hipertensi, dan menurunkan kadar kolesterol. Maka dari itu, untuk melengkapi informasi tersebut kali ini kami akan merangkum keterangan singkat yang membahas mengenai manfaat akar dan daun kelembak bagi kesehatan.

11 Khasiat Akar Kelembak Untuk Kesehatan

Kelembak (nama latin : Rheum officinale.L) adalah sejenis tanaman penghasil obat dan wangi-wangian. Umunya tumbuhan ini dimanfaatkan pada bagian akar dan batang untuk pengobatan. Sehingga pohon yang dikenal juga dengan sebutan klembak ini sudah sangat familiar dan dikenal oleh banyak kalangan. Untuk habitat hidup, klembak pada ditemukan didataran tinggi dan tempat lain yang bersuhu dingin. Cirinya daun sangat lebar dan bergerigi pada bagian tepi serta bunganya majemuk berwarna putih. Jika diamati secara seksama, daun dan pohon klembak hampir sama persis dengan terong, namun perawakan lebih tinggi dan terlihat seperti berduri.

Terciptanya sebuah khasiat, karena didukung dengan adanya senyawa kimia alami yang terkandung pada tanaman ini. Beberapa zat tersebut terletak pada daun dan akar. Kandungan tersebut berupa flavonoid, glikosida, reumemodin, rafontisin, krisofanol, polifenol, saponin, antra-glikosida dan frangula-emodin.

11 Khasiat Akar Kelembak Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan pada tubuh.
  2. Bersifat laksatif yang merupakan pencahar alami berguna untuk mencegah dan mengatasi sembelit atau susah buang air besar (feses).
  3. Melancarkan haid atau menstruasi yang tidak teratur.
  4. Membantu dalam mengatasi penggumpalan darah beserta nanah.
  5. Bersifat anti-virus yang mampu mengeluarkan virus atau mikroba jahat dalam tubuh.
  6. Menurunkan kadar kolesterol jahat dala tubuh.
  7. Menghentikan pendarahan yang berlebih.
  8. Anti-hipertensi yang berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  9. Menjaga kesehatan organ hati dari penyakit kuning (hepatitis).
  10. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit.
  11. Bersifat koleretik yang ampuh untuk meningkatkan sekresi empedu.
Bagaimana resep dan cara menggunakan akar klembak untuk obat?
Siapkan sekitar 0,3gr akar klembak kemudian diseduh dengan 1 cangkir air mendidih. Minum 1x sehari secara rutin hingga sembuh.

Selain manfaat, ada juga efek samping yang berdampak buruk bagi kesehatan jika digunakan secara berlebih. Adapun efek tersebut berakibat mual, muntah, kejang perut, pusing, dan sakit kuning.

Demikian artikel singkat mengenai 11 Khasiat Akar Kelembak Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *