10 Khasiat Bunga Merak Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Merak ampuh untuk mengobati diare, sariawan, menstruasi tidak teratur, dan perut kembung. Namun masih banyak lagi manfaat kembang merak ini untuk kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai tanaman obat, mungkin bahasan yang kami ambil kali ini bisa membantu dalam memberi referensi dan memperluas wawasan seputar pengobatan laternatif dengan menggunakan bahan herbal dari lingkungan sekitar.

Kembang Merak (Nama latin : Caesalpinia pulcherrima) adalah sejenis tanaman hias yang juga berkhasiat obat. Bunga merak merupakan tumbuhan asli berasal dari Afrika dan Asia. Dengan bentuk bunga yang begitu indah, banyak orang yang tidak sadar akan kegunaan bunga ini sebagai obat herbal. Maka dari itu, siapa tahu dengan membaca tulisan kami ini kebelakangnya sobat bisa memaksimalkan fungsi tanaman ini agar lebih bermanfaat dan tentunya sebagai tanaman apotik hidup sekaligus mempecantik lingkungan dengan warna bunga yang mencolok.
10 Khasiat Bunga Merak Untuk Kesehatan
Ciri-ciri tanaman ini terdapat pada bunganya yang majemuk berwarna merah dan kuning. Pohon perdu dengan ketinggian mencapai 4m, daun majemuk menyirip genap berbentuk bulat telur agak sedikit lonjong dan berwarna hijau kebiruan dan buahnya berupa kacang polong dengan biji berwarna hitam jika sudah kering. Untuk ciri sepintas, silahkan cek cuplikan gambar diatas!

Tanaman kembang merak bisa digunakan bagian kayu, bunga dan daunnya. Terdapat beberapa senyawa yang mendukung khasiat dari kembang merak ini. Kandungan tersebut berupa Tanin, Resin, Zat Merah, Gallic Acid, Benzoic Acid, Alkaloid, Saponin, Kalsium oksalat, glucoside, Zat samak, Lumbagol dan Plumbagin. Dari zat inilah diperoleh kumpulan manfaat yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh kita.

10 Khasiat Bunga Merak Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan utamanya radang hati.
  2. Melancarkan haid atau datang bulan yang tidak teratur.
  3. Mengatasi mata merah yang disebabkan iritasi.
  4. Mengobati perut kembung yang ampuh mengeluarkan angin dalam perut.
  5. Menghentikan diare atau mencret.
  6. Obat herbal untuk sariawan dan panas dalam.
  7. Menyembuhkan kejang dan panas pada anak.
  8. Mengembalikan stamina dan menghilangkan rasa capek.
  9. Menjaga kekuatan tulang dan gigi sehingga terhindar dari osteoporosis.
  10. Mengatasi rematik dan nyeri pada persendian.
Bagaimana resep dan cara menggunakan kembang merak untuk obat?
Resep sederhana yang bisa digunakan ialah dengan merebus pepagan atau kulit batang dari bunga merak ini kemudian air rebusan tersebut diminum. Namun rasanya kurang signifikan dan lebih membutuhkan referensi khusus agar sobat tidak bingung. Maka dari itu, dibawah ini kami sudah menulis resep sederhana yang mungkin bisa berguna!
  • Sariawan : Rebus daun bunga merak secukupnya kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk obat kumur.
  • Kejang Pada Anak : Siapkan bunga, akar, daun dan pepagan bunga merak secukupnya. Tumbuk kasar kemudian direbus dengan menambah air hingga mendidih. Balurkan pada seluruh tubuh anak dari kaki hingga leher.
  • Radang Hati : Siapkan daun kembang merak secukupnya dan 30gr daun serut. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah. Saring dan bisa diminum selagi hangat.
  • Menstruasi : Tumbuk daun kembang berak hingga benar-benar halus. Seduh dengan air mendidih sedikit saja kemudian diminum selagi hangat.
  • Perut Kembung : Sediakan daun kembang merak, bawang putih, kencur, dan akar alang-alang secukupnya. Tumbuhk kasar kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Saring dan minum 2x sehari selagi hangat.
Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Khasiat Bunga Merak Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *