8 Khasiat Bunga Asoka Untuk Pengobatan

Khasiat Bunga Asoka memang sangat dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya ialah mengatasi Hipertensi, Meringankan pembengkakan dan juga sebagai obat herbal yang berfungsi cukup baik untuk sistem pencernaan tubuh. Maka dari itu, untuk mendapat sedikit ilmu mengenai informasi tanaman obat. Kali ini kami akan merangkum kalimat yang membahas seputar Manfaat serta kandungan bunga asoka yang tentunya terkait dengan dunia kesehatan dan kecantikan.

Bunga Asoka (Nama Latin : Sarca Indica) adalah sejenis tanaman hias (kembang) yang dibonsai atau dikerdilkan sehingga bisa ditanam pada media pot. Menurut klasifikasi, Kembang asoka tergolong dalam keluarga Caesalpiniaceae, dengan ciri yang bisa sobat lihat pada cuplikan gambar bunga asoka dibawah. Meski mempunyai bentuk yang begitu cantik, namun juga tersimpan sebuah kegunaan yang cukup ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini bisa kita manfaatkan dan menjadikan tanaman ini sebagai salah satu apotik hidup yang bisa kita tanam pada lingkungan sekitar.
8 Khasiat Bunga Asoka Untuk Pengobatan
Perlu diketahui juga, ada manfaat tentunya didukung dengan adanya kandungan senyawa yang tersimpan didalamnya. Maka dari itu, sebelum beranjak pada kegunaan, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui apa saja kandungan senyawa pada bunga asoka. Dan zat tersebut diantaranya : Zat organik, tanin, hematoksilin, saponin, zat besi, flavonoid, dan catachin.

8 Khasiat Bunga Asoka Untuk Pengobatan :
  1. Melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh, terkait dengan pencegahan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  2. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan atau pembengkakan.
  3. Meringankan kram pada betis.
  4. Melancarkan haid atau mentsruasi pada kaum hawa yang tidak teratur.
  5. Menghentikan diare atau mencret.
  6. Mengatasi wasir atau ambeien.
  7. Mencegah anemia (tubuh kekurangan darah).
  8. Menyembuhkan disentri.
Resep dan cara menggunakan bunga asoka sebagai obat :
  1. Hipertensi : Siapkan sekitar 2 genggam bunga kemudian rebus dengan 2 gelas air. Minum secara rutin 2x sekari dengan porsi 1/2 perkonsumsi.
  2. Melancarkan Haid : Siapkan 1 genggam bunga asoka dan 10cm daging lidah buaya yang sudah dikupas. Rebus atau seduh dengan 2 gelas air dan dikonsumsi 2x sehari dengan porsi 1/2 perkonsumsi.
  3. Disentri dan Ambeien : Tumbuk sekitar 2 genggam bunga asoka dan kemudian tambahkan 1/2 gelas air hangat. Peras dan minum 2x sehari.
  4. Kram Betis : Rebus bunga asoka dan mawar secukupnya. Minum 1x sehari.
Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Khasiat Bunga Asoka Untuk Pengobatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *