6 Khasiat Bubuk Biji Salak Untuk Kesehatan

Khasiat Biji Salak Memang tidak banyak yang mengetahuinya. Padahal jika dipelajari, Bubuk Biji salak yang dijadikann pengganti kopi sangat mapuh untuk mnegatasi asam urat dan tekanan darah tinggi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, maka kali ini kami sudah menyiapkan rangkuman khusus yang akan membahas mengenai apa saja Manfaat biji salak dan kandungan kandungan gizi serta senyawa didalamnya.

Salak (Nama latin : Salacca zalacca) adalah sejenis tanaman penghasil buah berduri yang bisa dijadikan salah satu alternatif bahan pangan yang kaya akan serat, vitamin dan juga mineral didalamnya. Tanaman berbentuk palma, daun menyirip dan pelepah panjang dengan duri kecil menyelimutinya. Dalam olahan, buah ini banyak digunakan sebagai asinan, keripik, asinan, rujak atau bisa juga dikonsumsi langsung. Namun yang dibahas disini adalah mengenai bijinya, jadi untuk mempersingkat, alangkah baiknya jika kita lansung saja pada topik permasalahan.

6 Khasiat Bubuk Biji Salak Untuk Kesehatan
Biji salak juga kaya akan kandungan gizi serta senyawa yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut berupa selulosa, air, pati, karbohidrat, lemak, dan protein. Sehingga dalam mengkonsumsinya, maka kita akan mendapat multi manfaat yang tentunya mendukung dalam kinerja organ tubuh yang sangat berpengaruh juga dalam dunia kesehatan. Adapun manfaat yang bisa diperoleh untuk tubuh diantaranya :
  1. Melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh, sehingga sangat baik dalam mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dalam hal ini kita akan lebih sehat dikarenakan suplai oksigen pada seluruh tubuh yang melalui darah akan lebih normal.
  2. Mengatasi asam urat yang juga terkait dengan pencegahan rematik, nyeri otot, dan mengurangi rasa nyeri pada persendian.
  3. Melancarkan sistem pencernaan. Hampir sama dengan kopi, bubuk biji salak juga akan membuat kita sedikit mules. Namun hanya berlaku untuk sebagian orang saja dan akan berdampak berbeda pada orang yang berbeda. Dengan begitu, akan memancing kita untuk membuang feses sehingga BAB menjadi lebih normal.
  4. Meningkatkan kinerja otot dan pembentukan awal yang membantu dalam proses berkaitan dengan sistem syaraf. Hal ini karena didukung dengan adanya protein yang baik untuk otot.
  5. Meningkatkan kecerdasan. Terkait dengan organ otak, kopi dari biji salak bisa membantu dalam menambah konsentrasi, daya pola pikir dan membantu dalam perkembangan otak yang mampu membantu dalam menjaga daya ingat.
  6. Penambah tenaga, manfaat ini karena adanya kandungan karbohidrat sebagai pendukung dalam memenuhi kebutuhan energi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.
Bagaimana cara membuat dan meramu biji salak? Nah, untuk langkah ini, sebenarnya sangatlah sederhana saja. Cukup siapkan biji salak secukupnya kemudian dijemur hingga kering betul. Untuk mempercepat proses pengeringan, maka bisa juga digeprek atau ditumbuk kasar agar air yang ada dalam biji bisa lebih cepat kering. Jika sudah kering, selanjutnya tinggal disangrai (menggoreng tanpa minyak) hingga warna agak kehitaman dan mengeluarkan aroma khas. Proses akhir, tinggal tumbuk dan dihaluskan layaknya kopi.

Untuk konsumsi, seduh sekitar 1 sdm bubuk dengan 2 sdm gula pasir dengan 1 gelas air mendidih. Tunggu hingga hangat dan kopi dari biji salak bisa dikonsumsi. Aroma yang didapat sangat unik, beda dengan kopi, bubuk biji salak ini kayaknya lebih menarik untuk diminum. Penasaran? Silahkan dicoba deh..!

Demikian artikel singkat mengenai 6 Khasiat Bubuk Biji Salak Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *