14 Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sukun dipercaya cukup ampuh untuk ginjal, hepatitis, asam urat, kolesterol, hipertensi, dan asam lambung. Namun itu hanya pemikiran sepintas dan mungkin saja informasinya kurang tepat. Maka dari itu, untuk memperjelas dan memberikan sedikit informasi yang tepat, maka disini kami akan mencoba menjabarkan kembali dan menulis lebih lengkap tentang apa saja manfaat daun sukun bagi kesehatan tubuh kita.

Sukun (Nama Latin : Artocarpus altilis) Adalah sejenis tanaman penghasil buah yang banyak digandrungi oleh banyak orang. Karena tekstur daging buah yang memang lembut dan enak dikonsumsi. Selain itu, kayu sukun juga bisa digunakan sebagai bahan mebel atau perkakas rumah tangga. Sedangkan daunnya banyak digunakan sebagai pakan ternak. Nah disinilah kesalahan kita jika tidak mengetahui informasi yang berkaitan dengan daun sukun ini. Padahal daun sukun yang dikeringkan sangatlah baik untuk dunia pengobatan herbal. Manfaatnya cukup baik untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal ini karena daun sukun kering mengandung beberapa senyawa kimia alami yang memang cocok untuk menyembuhkan dan berguna sebagai ramuan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Penasaran? Yuk lanjut saja membacanya!
14 Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan
Daun sukun kering mengandung zat seperti asam hidrosianat, asetikolan dan tanin. Selain itu terdapat juga senyawa lain berupa anti-inflamasi dan anti-oksidan yang memang cukup baik untuk tubuh. Beberapa Manfaat dan Khasiat Daun Sukun Kering ialah :
  1. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang berguna sebagai pencegah peradangan atau pembengkakan pada organ tubuh.
  2. Kaya akan antioksidan yang berkemampuan untuk menagkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun sehingga tubuh terhindar dari serangan virus dan kuman.
  3. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Berfungsi juga untuk mengatasi dan mencegah stroke dan gangguan jantung.
  4. Mengobati penyakit ginjal seperti kencing batu, gagal ginjal dan lain-lainnya. Sebab teh daun sukun kering mampu juga melancarkan saluran kemih atau bersifat sebagai diuretik.
  5. Bersifat sebagai anti-kanker, hal ini didukung dengan besarnya kandungan antioksidan yang juga menghalau pertumbuhan sel kanker serta tumor dalam tubuh.
  6. Mencegah terkena resiko terkena serangan jantung. Sebab hal ini terkait dengan kolesterol yang mampu menyebabkan komplikasi antara penyakit jantung dan stroke. Namun daun sukun bisa mengatasinya.
  7. Menurunkan kadar gula darah tubuh yang sangat berkaitan denga pencegahan diabetes terutama kencing manis (diabetes mellitus). Namun daun sukun ampuh untuk mengontrol gula darah dan menjaganya tetap stabil.
  8. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah. Cukup apik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan tentunya sesuai untuk mengatasi hipertensi.
  9. Bersifat sebagai anti-alergi yang berguna untuk mencegah terjadinya alergi seperti pada kulit dan eksim.
  10. Menyehatkan organ hati atau hepatitis sehingga proses penetralan racun dalam tubuh bisa berjalan normal.
  11. Mengembalikan kesehatan liver yang terkait dengan pencegahan kanker dan gangguan pada organ paru-paru. Baik diminum bagi orang yang sering terkena polusi dan asap serta minuman yang kurang sehat.
  12. Meredakan nyeri pada saat sakit gigi. Hal ini karena daun sukun bersifat juga sebagai anti-bakteri yang ampuh untuk membunuh kuman dan mengatasi pembengkakan pada gusi.
  13. Obat herbal untuk mengatasi penyakit limpa.
  14. Menghentikan pedarahan.
Bagaimana cara menggunakan daun sukun sebagai jamu atau obat herbal?
Sebenarnya sederhana saja, cukup keringkan daun sukun yang sudah tua kemudian dihaluskan sehingga berubah menjadi bubuk. Untuk mengkonsumsi bisa dengan membungkus dengan kapsul kosong atau juga bisa menyeduh dengan air hangat. Tambahkan sedikit garam dan gula merah untuk meredam sedikit rasa pahit.

Demikianlah artikel singkat mengenai 14 Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel