10 Khasiat Temu Kunci Bagi Kesehatan

10 Khasiat Temu Kunci Bagi Kesehatan - Jika dilihat secara sepintas, tanaman obat yang tergolong rimang ini sangat kaya sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Tidak hanya berlaku untuk kaum pria saja, Namun juga kaum wanita yang terkait dengan kecantikan. Temu kunci dipercaya bisa mengatasi masalah kulit dan jerawat. Tentunya dengan pendukung daun sirih yang juga dikenal dengan nama jamu kunci sirih (kunci suruh dalam bahasa jawa).
10 Khasiat Temu Kunci Bagi Kesehatan

Mengenal sedikit mengenai temu kunci (nama latin : Boesenbergia rotunda), rimpang yang satu ini termasuk dalam suku temu-temuan. Masih satu keluarga dengan temulawak, jahe, temu ireng dan lain-lainnya. Temu kunci tidak hanya digunakan sebagai obat herbal, namun juga dipakai pada salah satu masakan berupa rempah. Untuk masakan yang menggunakan temu kunci biasanya pada sayur kacang panjang, daun kelor, dan masakan kuah bening lainnya. Nah yang jadi pertanyaannya adalah : Apa saja manfaat temu kunci untuk kesehatan? Berikut kami sudah merangkum sedikit keterangan mengenai temu kunci yang mungkin bisa saja membantu!

Terkait Rimpang atau akar Berkhasiat Obat :
* 6 Khasiat Akar Pasak Bumi Untuk Kesehatan
* 11 Khasiat Akar Kelembak Untuk Kesehatan
* 28 Khasiat Akar Alang-alang Untuk Dunia Pengobatan

10 Khasiat Temu Kunci Bagi Kesehatan :
  1. Sebagai penambah tenaga atau stamina yang menjadikan tubuh lebih fit dan bugar.
  2. Mengatasi masalah yang terkait dengan lambung. Seperti begah, masuk angin, dan sering mulas.
  3. Meringankan gejala yang disebabkan sariawan. Kesan dingin yang didapat bisa meredam panas dalam dan bibir pecah-pecah.
  4. Bersifat sebagai anti-tumor dan anti-kanker yang sangat berguna untuk mencegah tubuh dari serangan berbagai jenis kanker maupun tumor.
  5. Bersifat diuretik yang berfungsi untuk melancarkan saluran kemih (saluran kencing yang berhubungan dengan ginjal).
  6. Mengobati penyakit kulit yang disebabkan alergi, jamur dan mikroba lain sehingga gejala seperti gatal-gatal bisa diminimalisir.
  7. Membantu dalam melancarkan ASI pada ibu menyusui karena produksi normal.
  8. Mengurangi nyeri pada saat datang bulan atau haid.
  9. Melancarkan datang bulan yang yang tidak teratur.
  10. Mengatasi masalah keputihan pada wanita.
Perlu diketahui bahwa semua manfaat diatas tidak luput dari dukungan zat yang terkandung pada temu kunci. Dan senyawa tersebut berupa : Minyak atsiri (Kamfer, Sineol, Metil Sinamat, dan Hidromirsen), Damar, Pati, Saponin, Flavonoid, Pinostrolerin, dan Alipinetin. Kimia alami inilah yang menopang semua khasiat pada rimpang temu kunci seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Temu kunci juga dipercaya akan menjadikan janin dalam kandungan akan lebih sehat dan bersih ketika sudah lahir. Manfaat ini bisa diterapkan oleh ibu yang sedang hamil atau mengandung. Sehingga ketika bayi lahir nanti akan terlihat lebih sempurna dan bersih.

Baca Juga : Khasiat Akar Bayeh Untuk Menurunkan Demam

Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Khasiat Temu Kunci Bagi Kesehatan. Semoga bisa berguna bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel