7 Khasiat Tanaman Pacing Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Pacing memang berguna sekali bagi dunia kesehatan. Umumnya digunakan pada bagian daun, akar, bunga, rimpang, dan batangnya. Oleh karena itu, tanaman obat yang satu ini banyak dibudidayakan guna memenuhi permintaan masyarakat akan obat herbal yang tentunya mempunyai harga yang relatif murah. Selain itu mengkonsumsi jamu alami lebih aman tanpa harus memikirkan efek samping.
Pacing (nama latin : Costus spicatus) adalah sejenis tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan / rimpang-rimpangan. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan banyak digunakan sebagai tanaman hias yang fungsinya membantu dalam mengatasi berbagai jenis penyakit yang salah satunya ialah mengurangi kejang-kejang. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kegunaan pohon pacing? Umumnya sih boleh dibilang tanaman hias yang juga berguna untuk tanaman obat.

Ciri dari tumbuhan pacing terletak pada bunganya yang berbentuk bongkol dengan warna merah. pohon terna, buahnya merah (bunga) berbentuk bulat memanjang dengan cara budidaya menggunakan penyemaian kembali biji yang sudah kering. Tapi bisa juga dengan penanaman rimpang.

Manfaat pada pacing karena adanya kandungan senyawa alami yang mendukung kinerja tersebut. Salah satu dari zat tersebut berupa Serat, pati, minyak atsiri, dan saponin. Pada rimpang terdapat senyawa diosgenin, gracilin, methyltriacontan-26-one, sitosterol, tigogenin, dan 24-hydoxynhentriacontan. Nah, apa saja khasiat tanaman pacing untuk kesehatan? Berikut rincian singkatnya.
  1. Bersifat sebagai antipretik yang ampuh untuk menurunkan suhu tubuh atau demam.
  2. Menguatkan akar rambut, caranya dengan menggunakan sebagai pengganti sampo saat keramas.
  3. Mengurangi kejang-kejang pada anak dan dewasa.
  4. Menghentikan diare atau mencret.
  5. Bersifat sebagai diuretik yang berguna untuk melancarkan saluran kemih.
  6. Meluruhkan keringat.
  7. Mengobati gatal-gatal / eksim pada kulit.
Bagaimana cara menggunakan pacing untuk obat? Sebenarnya penggunaan konsumsi sangat tidak dianjurkan takutnya melakukan kesalahan dalam pengolahan. pacing mentah juga mengandung racun yang mengakibatkan pusing, mual dan muntah-muntah. Sangat dilarang juga bagi ibu hamil karena bisa berakibat fatal pada kandungan. Maka dari itu, disini kami akan berbagi mengenai penggunaan diluar tubuh saja. Seperti :
  • Memperbaiki kesehatan rambut dalam pertumbuhan, kekuatan dan mencegah rambut rontok. Siapkan batang dan daun pacing secukupnya. Tumbuk hingga halus dan peras sembari disaring. Diamkan selama semalam kemudian gunakan untuk pengganti sampo.
  • Untuk Eksim (gatal-gatal), Rebus rimpang pacing yang sudah ditumbuk kasar. Dan gunakan airnya untuk mencuci eksim pada kulit yang gatal.
Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Khasiat Tanaman Pacing Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *