5 Khasiat Tanaman Mindi Kecil Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Mindi Terletak pada kulit batang dan daunnya. Darisitu, kita memperoleh manfaat yang cukup baik untuk kesehatan. Pohon mindi dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes, kudis, hipertensi, peluruh muntah dan masih banyak lagi khasiat lainnya. Maka dari itu, untuk mengetahui penjelasan lebih detail, kali ini kami akan mengupas secara ringkas mengenai apa saja manfaat dan kegunaan tumbuhan mindi untuk kesehatan.

Mindi (Nama Latin : Melia azedarach) adalah sejenis tumbuhan yang hampir sama persis dengan mimba. Tidak sedikit juga yang slah kaprah dengan pohon yang satu ini. Pertumbuhannya banyak ditemukan di daerah tropis seperti pinggir jalan dan tempat-tempat terbuka lain yang fungsinya juga bisa sebagai peneduh. Diberbagai daerah, mindi mempunyai nama lokal yang mungkin saja sobat kenal. Contoh disebut rinci pada daerah Sumatera dan gringging, mindi, cakra-cikri pada daerah jawa.
5 Khasiat Tanaman Mindi Kecil Untuk Kesehatan
Ciri dan Deskripsi pohon mindi sangatlah mudah dikenali. Pohon mencapai ketinggian hingga 20m dengan batang bercabang dan berkulit cokelat. Batang silindris dan daunnya majemuk. Bunga malai keluar dari ketiak tangkai daun, berbunga kelamin ganda dan berbuah warna cokelat kekuningan.

Terdapat begitu banyak manfaat pada daun dan kulit mindi karena adanya kandungan senyawa yang sangat membantu sekali dalam menjaga kesehatan tubuh. Terutama dalam pencegahan penyakit kulit yang terjadi karena jamur atau bakteri. Pada kulit dan akar tanaman terdapat senyawa berupa kaemferol, margoside, resin, triterpene kulinone, tanin, dan toosendanin. Sedangkan pada daun terdapat senyawa kaemferol, protein, flavone glicoside dan quercitrin.

5 Khasiat Tanaman Mindi Kecil Untuk Kesehatan :
  1. Ampuh untuk mengontrol kadar gula darah yang berimbas pada pencegahan diabetes.
  2. Bersifat antelmintik atau Mengeluarkan cacing dalam tubuh, hal ini bisa didapat dengan merebus kulit batang mindi dengan air secukupnya. Minum 2x sehari tiap oagi dan sore.
  3. Melancarkan sirkulasi darah, hal ini karena mindi ampuh untuk meminimalisir pembekuan darah sehingga gejala hipertensi bisa dicegah. Cara yang digunakan sama dengan manfaat No.2 diatas.
  4. Peluruh muntah, hal ini adanya kandungan racun pada kulit batang tersebut.
  5. Menyembuhkan penyakit kulit seperti kudis. Caranya yaitu dengan merebus daun dan meminum air rebusan paling tidak 1x sehari. Atau juga menggunakan air tersebut untuk mencuci kulit. Alternatif lainnya dengan menghaluskan daun dicampur dengan kapur sirih. Balurkan pada area kulit yang berkudis.
Nah demikianlah artikel singkat mengenai 5 Khasiat Tanaman Mindi Kecil Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel