13 Khasiat Temu Ireng Untuk Obat

Khasiat Temu Ireng Untuk Kesehatan dan Kecantikan boleh dibilang sangatlah banyak. Terutama untuk ibu hamil, kesehatan kulit, Asam lambung, wajah, dan kesehatan tubuh lainnya. Umumnya temu ireng digunakan sebagai obat herbal dengan memanfaatkan rimpangnya yang mempunyai rasa cukup pahit sehingga bermanfaat juga dalam meningkatkan selera makan bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, guna pengetahuan lebih lanjut dan melestarikan resep obat yang sudah turun temurun, disini kami akan membahas secara ringkas mengenai Temu ireng serta manfaatnya bagi tubuh.

Temu Ireng (Nama Latin : Curcuma aeruginosa) adalah sejenis tumbuhan yang tergolong dalam suku rimpang-rimpangan. Dimanfaatkan umbinya untuk obat dengan nama daerah yang dikenal dengan temu hitam, temu erang, temu lotong, dan temu ireng. Digunakan sebagai campuran jamu karena kandungan senyawa alami cukup banyak dan sangat berpengaruh dalam dunia pengobatan herbal.
13 Khasiat Temu Ireng Untuk Obat
Mengenai Ciri dan deskripsi, temu hitam adalah tumbuhan terna yang mampu mencapai ketinggian hingga 2m. Mempunyai batang semu yang tersusun kumpulan dari pelepah daun basah dan berwarna hijau. Sedangkan daunnya sendiri mempunyai warna merah lembayung agak sedikit kecoklatan dan warnanya agak sedikit gelap pada tulang daun. Dau tunggal terdiri dari 2 hingga 9 helai perpohon bulat memanjang, ujung pangkal runcing, dan panjang daun sekitar 50cm.

Temu ireng kaya akan kandungan senyawa yang berpengaruh dalam menjaga kinerja organ tubuh. Beberapa dari zat tersebut berupa : Minyak atsiri, pati, mineral (air), damar, alkaloid, renmin, lemak, kardione, germakrene, Kurkumin, Tanin, tetrametilfrazine, saponin, dan isofortungermakrene.

13 Khasiat Temu Ireng Untuk Obat :
  1. Mempunyai sifat karminatif yang berguna untuk mengeluarkan angin dalam lambung. Sangat berguna untuk mencegah perut kembung karena meluruhkan kentut.
  2. Bersifat stomakik yang ampuh untuk meningkatkan kembali selera makan yang menurun.
  3. Mengobati cacingan pada anak, berfungsi untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh.
  4. Sebagai pembersih darah alami yang khususnya cocok untuk kaum ibu yang habis melahirkan.
  5. Sebagai obat batuk yang ampuh untuk meluruhkan dan mengeluarkan dahak.
  6. Melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Cocok dikonsumsi orang yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi karena juga ampuh untuk mengobati hipertensi.
  7. Mengatasi penyakit kulit seperti kudis, kurap, borok dan mempercepat penyembuhan luka.
  8. Meringankan nyeri pada saat haid dan melancarkan haid yang tidak teratur.
  9. Mengembalikan kesuburan pada kaum hawa.
  10. Menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini karena temu ireng berfungsi untuk meningkatkan kinerja organ ginjal.
  11. Melancarkan sistem pernafasan yang juga berguna untuk mencegah asma dan sesak nafas.
  12. Penambah darah alami karena mampu mendukung pembentukan sel darah merah.
  13. Mengatasi ambeien atau wasir karena mampu melancarkan sistem pencernaan.
Untuk menggunakan, kita butuh bahan pendamping yang dapat mendukung dan memaksimalkan fungsi dari temu ireng ini. Bahan yang dibutuhkan ialah : daun mimba, rimpang temu ireng dan rimpang temulawak. (cara ini sama persis dengan membuat jamu pahitan). Tumbuk semua bahan dan tambahkan air secukupnya. Rebus hingga mendidih sambil diaduk, jika sudah berbusa angkat dan tambahkan sedikit garam. Untuk mengobati wasir, sobat juga bisa menambahkan 1 butir telur ayam.

Demikianlah artikel singkat mengenai 13 Khasiat Temu Ireng Untuk Obat. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *