11 Khasiat Rimpang Jeringau Untuk Kesehatan

Khasiat Rimpang Jeringau memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Terutama dalam menyembuhkan malaria, Tipes, Kurap, dan melancakan sistem pencernaan. Namun rasanya tidak lengkap jika kita tidak mempelajari apa itu jeringau atau dringo. Maka dari itu, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa keterangan yang menyangkut mengenai manfaat rimpang jeringau yang mungkin saja belum banyak yang tahu.

Terkait Tanaman Obat :
* 10 Khasiat Angsana Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
* 9 Khasiat Tanaman Akar Binasa Untuk Kesehatan
* Khasiat Tanaman Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Jeringau / Dringo (Nama Latin : Acorus Calamus) adalah salah satu jenis tanaman obat yang dimanfaatkan sebagai alternatif dunia pengobatan herbal. Tanaman ini diduga berasal dari India serta penyebarannya meluas hingga bisa ditemukan dengan mudah di daerah Indonesia khususnya pula jawa. Rimpang Jeringau juga mempunyai aroma khas yang juga difungsikan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Beberapa nama lokal dringo ini diantaranya : Jrenguh (Madura), Jerango (Batak dan Gayo), Jeurunger (Aceh), Jarianggu (Minangkabau), Daringu (Sunda), Dlingo (Jawa), Ai Wahu (Ambon), Kalamunga (Minahasa), Dan mungkin masih banyak lagi nama panggilan lokal yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.
11 Khasiat Rimpang Jeringau Untuk Kesehatan
Manfaat rimpang dringo atau jeringau didukung adanya senyawa kimia alami didalamnya. Beberapa senyawa tersebut diantaranya : Minyak atsiri (glikosida, asaron, eugenol, asarilaldehida, akorenin, akoretina, akonin, kholin, isokolamin, akolamonin, kalameona, sioburin, isosiobunin, resin,amilum, tanin), Flavonoid, Dan Saponin.

11 Khasiat Rimpang Jeringau Untuk Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai anti-inflamasi yang ampuh untuk mencegah peradangan.
  2. Melancarkan sistem pencernaan yang terkait dengan pencegahan sembelit dan wasir.
  3. Bersifat karminatif yang berkemampuan untuk mencegah dan mengatasi perut kembung.
  4. Bersifat spasmolitik yang berkhasiat untuk meringankan kejang pada perut.
  5. Bersifat diaforetik yang mampu sebagai peluruh keringat. Berkemampuan untuk melancarkan keluarnya keringat pada saat beraktifitas.
  6. Menyembuhkan demam berdarah.
  7. Meningkatkan selera makan.
  8. Mengontrol kadar gula darah yang terkait dengan pencegahan diabetes.
  9. Bersifat sebagai penenang, sehingga ampuh untuk mengatasi stres dan depresi.
  10. Menyembuhkan tifus.
  11. Obat herbal untuk penyakit kulis seperti kudis, kurap, dll.
Untuk menggunakan, cukup siapkan beberapa rimpang jeringau yang sudah dipotong kecil. Rebus dengan air secukupnya. Tiriskan sambil menunggu dingin dan minum 2x sehari dengan porsi 1/2 gelas.

Ingat, semua manfaat pasti ada juga efek samping jika dikonsumsi secara berkelanjutan atau dalam jangka panjang. Jadi gunakanlah secara bijak dan hanya jika diperlukan. Penggunaan jeringau secara berlebihan akan berdampak sebagai pemicu kanker dan juga peningkatan aktifitas mental.

Baca Juga : 16 Khasiat Buah Leunca Untuk Kesehatan Tubuh

Demikianlah artikel singkat mengenai 11 Khasiat Rimpang Jeringau Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel