10 Khasiat Tanaman Landep Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman landep dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Tumbuhan pagar yang juga mempunyai bunga cukup indah ini dipercantik dengan warna bunga dan adanya duri sebagai pelindung. Manfaat landep untuk kesehatan digunakan sebagai obat untuk rematik, demam, sakit pinggang dan lain-lainnya. Oleh karena itu, sekedar menambah ilmu pengetahuan seputar tanaman obat, kami berusaha merangkum artikel sederhana yang sekiranya bisa membantu bagi sobat semuanya.
Landep (Nama Latin : Barleria Cristata) adalah sejenis tumbuhan yang berasal dari Asia Tropik dan Afrika Selatan. Tanaman ini bisa tumbuh didaerah yang kering dan bertahan meski kekurangan air. Pohon perdu, batang berkayu segi empat dengan dihiasi duri. Daun melancip warna hijau dengan buah kotak, oval dan pipih berwarna cokelat. Nama panggilan daerah : Jarong Sunda, Landep Jawa, Bunga landak Sumatera, dan Landhep Madura. Mengenai ciri lebih lengkap, silahkan sobat cek gambar diatas.

Apa saja kandungan daun landep?
Pertanyaan ini pastinya ada dalam benak sobat. Sangat tidak mungkin jika manfaat yang cukup banyak tidak didukung dengan adanya kandungan yang terkait dengan khasiat tersebut. Maka dari itu, kita juga harus mengetahui senyawa apa saja yang terdapat pada tanaman landep. Pada daun, landep mempunya zat berupa Flavonoid, Saponin, Tanin, dan Kalium. Sedangkan pada akar terdapat saponin, flavonoid, dan polifenol. Karena hanya keduan anggota tanaman tersebut yang sering digunakan.

Khasiat Tanaman Landep Untuk Kesehatan :
  1. Mengeluarkan cacing dalam tubuh. Caranya yaitu dengan merebus sekitar 1 genggam akar landep dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring dan minum 2x sehari.
  2. Mempercepat penyembuhan luka. Sediakan 15gr akar yang sudah dicuci bersih, tambahkan 1/4 sdt air kapur sirih. Haluskan kemudian tapalkan pada luka.
  3. Meringankan sakit gigi. Cara menggunakan yaitu dengan mengunyah daun yang sudah dicuci dengan gigi yang sakit.
  4. Mengatasi Gusi bengkak, Nyeri dan berdarah. Caranya dengan menumbuk daun landep hingga halus, peras dan ditambahkan sedikit madu. Gunakan air tersebut untuk memoles gusi yang sakit dengan cara mengusapkannya.
  5. Menyembuhkan penyakit kulit seperti kurap dan panu dengan cara menghasluskan akar dan dicampur dengan perasan jeruk nipis. Tapalkan pada area kulit yang berjamur. Untuk hasil maksimal, ganti obat 2x sehari.
  6. Meringankan rematik dan sakit pinggang. Balurkan daun landep yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan kapur sirih pada area yang sakit.
  7. Menurunkan demam. Minum air seduhan daun landep 2x sehari secara rutin.
  8. Peluruh kencing. Hal ini berguna untuk melancarkan air seni. Cara menggunakan yaitu merebus daun landep secukupnya dan diminum 3x sehari.
  9. Mengatasi nyeri saat sakit perut. Cara yang digunakan sama persis dengan langkah 1.
  10. Meringankan radang telinga dengan cara menggunakan air perasan akar landep sebagai obat tetes.
Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Khasiat Tanaman Landep Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel