11 Khasiat Kedawung Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Kedawung sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh kita. Mungkin hanya sedikit orang yang tahu, maka dari itu disini kami akan memberi sedikit ringkasan yang mungkin saja bisa membantu dalam memberi referensi pengetahuan seputar tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

Kedawung / Kedaung (Nama latin : Parkia roxburghii) adalah sejenis tumbuhan yang bisa hidup baik didaerah tropis. Cirinya hampir sama persis dengan pete, sebab masih dalam keluarga yang sama. Pohon mencapai ketinggian hingga 15m lebih dengan majemuk menyirip, bunga bongkol dan buah bulat memanjang. Untuk sekarang ini kedawung banyak dibudidayakan karena sudah sangat jarang didapat dan karena mempunyai fungsi cukup baik untuk dunia kesehatan dan kecantikan.
11 Khasiat Kedawung Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Bagi industri jamu, kedawung paling banyak dimanfaatkan pada bagian bijinya. Namun terlepas dari itu, daun, kulit batang dan akarnya juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Pada biji terdapat senyawa berupa damar, glukosida, garam alkali dan tanin.

11 Khasiat Kedawung Bagi Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Meringankan batuk yang disertai dahak.
  2. Menyembuhkan nyeri dan sakit perut.
  3. Menurunkan demam pada saat nifas.
  4. Mengurangi rasa nyeri pada saat haid dan saat akan persalinan.
  5. Mencegah peradangan pada usus.
  6. Menyembuhkan kolera dan penyakit kulit lainnya.
  7. Mencegah penyakit jantung.
  8. Membunuh bakteri dan mikroba yang merugikan bagi tubuh.
  9. Mencegah infeksi pada luka.
  10. Melancrkan sistem pencernaan.
  11. Menghentikan diare.
Jika melihat semua manfaat diatas, pastinya kita bertanya mengenai cara menggunakan. Dan hal ini sangatlah sederhana saja. Namun ada sedikit perbedaan dalam mengatasi penyakit diatas. Metode yang digunakan bisa berbeda. Seperti contohnya pada sakit perut, kita bisa merebus daun dan meminumnya selagi hangat. Dan cara lainnya yaitu dengan mengeringkan daun, biji dan kulit batang. Sangrai dan dihaluskan. Tumbuk hingga halus kemudian tinggal seduh jika ingin dikonsumsi.

Demikianlah bahasan singkat mengenai 11 Khasiat Kedawung Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bisa membantu.

Artikel ini kami kutip dari : Khasiat dan Manfaat Kedawung Bagi Kesehatan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel