10 Khasiat Daun Randu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat daun randu sangat berpengaruh dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Umumnya digunakan untuk menyembuhkan panas dalam, sariawan, batuk, obat mata, dan ambeien. Namun tidak hanya itu, kali ini kami akan sedikit memberi tambahan yang mungkin saja bisa menambah wawasan serta pengetahuan mengenai tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

Randu (nama latin:Ceiba pentandra) adalah sejenis tumbuhan yang tergolong dalam kerajaan plantae. Tanaman ini berasal dari Karibia dan Amerika. Ciri pohon tegak tinggi menjulang mencapai ketinggian hingga 30m lebih. Daun majemuk berjari berbentuk lonjong memanjang. Bunga putih kekuningan, dan buah bulat memanjang berwarna hijau pada saat masih muda dan berubah cokelat jika sudah mengering. Umumnya buah kapuk banyak digunakan dalam produksi kasur dan bantal. Tapi pada daun, tanaman ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
10 Khasiat Daun Randu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Randu dikenal dengan nama panggilan berbeda pada setiap wilayahnya. Seperti contohnya pada daerah jawa dikenal dengan kapuk, Kapoh (madura), dan randu untuk Bahasa Indonesia. Dalam daun terkandung senyawa Zat samak, tanin, hidrat, damar, saponin, dan flavonoid yang berfungsi cukup baik dalam dunia kesehatan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ringkasan dibawah ini!

10 Khasiat Daun Randu Untuk Kesehatan dan Kecantikan :
  1. Mengobati panas dalam : Ambil 5 helai daun randu dan remas dalam 500cc air matang. Tambahkan sedikit gula merah dan minum 3x sehari (disaring terlebih dahulu).
  2. Menyembuhkan batuk : Sediakan sekitar 2 helai daun randu dan tumbuk hingga halus. Seduh dengan 150cc air mendidih, aduk kemudian saring. Minum 2x sehari pagi dan sore.
  3. Sebagai obat kumur : berfungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut dan menghilangkan bau. Caranya yaitu dengan meremas 3 helai daun randu dengan 300cc air. Saring kemudian air tersebut sebagai obat kumur.
  4. Menyembuhkan sakit mata. Cara menggunakan yaitu dengan mengambil wadah yang cukup besar (baskom). Sediakan sekitar 5 helai daun randu dan remas-remas pada air bersih secukupnya dan saring. Selanjutnya celupkan mata pada air sambil berkedip-kedip.
  5. Menyamarkan dan menghilangkan bekas luka. Cara pertama yaitu dengan membersihkan bekas luka dengan air hangat kemudian gosokkan daun randu berulang kali. Selanjutnya bilas dengan air bersih.
  6. Obat penyubur rambut. Nah ini berkaitan dengan dunia kecantikan. Cara menggunakan sangatlah mudah. Rebus 10 helai daun randu dengan 200cc air hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian saring. Oleskan pada seluruh area kulit kepala dan rambut. diamkan sekitar 15-20 menit kemudian dibilas. Sangat cocok digunakan sebelum keramas memakai sampo.
  7. Menyembuhkan diare. Caranya dengan menyiapkan sekitar 3 helai daun dan direbus dengan 250cc air hingga mendidih. Saring dan tambahkan sedikit garam dapur. Minum 3x sehari hingga sembuh.
  8. Mengobati Wasir (ambeien) dan Disentri. Cara yang digunakan sama persis dengan No.7.
Manfaat lain dari daun randu ialah mencegah penuaan dini dengan mengatasi kulit kering dan menjaganya tetap lembab dan juga sangat baik dalam menjaga sistem pencernaan sehingga penyerapan sari makanan menjadi lebih normal.

Demikianlah artikel mengenai 10 Khasiat Daun Randu Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *